Tsaqofah

Anda Hendak Mengantar Seseorang Bepergian, Jangan Lupakan Baca Doa Nabi Berikut Ini!

Salafusshalih.com – Sudah menjadi adat kebiasaan orang Indonesia ketika ada orang yang hendak bepergian untuk mengantarnya. Ternyata mengantar orang yang mau bepergian ini termasuk hal yang baik, hal yang disunahkan oleh Rasulullah. Saat hendak mengantar seseorang bepergian jangan lupakan baca doa Nabi berikut ini.

Adapun redaksi doa yang dibaca ketika mengantar seseorang bepergian agar diberikan keselamatan dan kesehatan adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اطْوِ لَهُ البَعِيْدَ (البُعْدَ)، وَهَوِّنْ عَلَيْهِ السَّفَرَ

Allahummathwi lahul ba‘īda (bu’da) wa hawwin ‘alayhis safara.

Artinya: Ya Allah, dekatkan jarak tempuhnya yang jauh dan mudahkanlah perjalanan baginya.

Redaksi doa ini berasal dari hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Tirmizi dan Ibnu Majah. Dalam hadis ini diceritakan ada sahabat yang hendak bepergian lantas meminta wasiat dan doa kepada Nabi Muhammad. Lantas Nabi mendoakan orang yang hendak bepergian tersebut dengan redaksi doa yang di atas.

روينا في كتاب الترمذي وابن ماجه عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رجلا قال يا رسول الله إني أريد أن أسافر فأوصني، قال عليك بتقوى الله تعالى، والتكبير على كل شرف، فلما ولى الرجل قال اللهم اطو له البعيد، وهون عليه السفر، قال الترمذي حديث حسن

Artinya: Diriwayatkan kepada kami di Kitab At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari sahabat Abu Hurairah ra. Ia bercerita, suatu hari seorang sahabat datang dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku hendak beperjalanan. Aku memohon wasiatmu.’ ‘Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah, dan bertakbir kala perjalanan menanjak.’ Setelah orang itu berpaling, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, dekatkan jarak tempuhnya yang jauh dan mudahkanlah perjalanan baginya.’ Imam At-Tirmidzi berkata, ‘Ini hadits hasan’. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H],

Semoga dengan membaca doa ini, orang yang kita antar untuk bepergian bisa mendapatkan keselamatan dan kesehatan. Amin!

(Ahmad Khalwani)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button