Ulul Amri

Lakukan Shalat Sunah 2 Rakaat Sebelum Bepergian, Ini Sunah Nabi!

Salafusshalih.com – Sebagai umat Islam, kita selalu diwajibkan untuk berperilaku sesuai sunah Nabi. Nabi menganjurkan untuk selalu melakukan perbuatan sunah atau ketaatan sesuai dengan kemampuannya. Tentu melakukan sunah Nabi ini harus dalam segala lini kehidupan, jangan pilih-pilih dengan mengikuti hawa nafsunya. Dan perlu diketahui bahwa salah satu sunah Nabi Muhammad adalah melakukan shalat sunah 2 rakaat sebelum bepergian.

Shalat sunah 2 rakaat sebelum bepergian ini merupakan salah satu etika Islam ketika seseorang hendak bepergian. Tentu banyak tujuan melakukan etika ini, selain meminta keselamatan ketika bepergian, juga saat bepergian dijauhkan dari segala mara bahaya. Nabi Muhammad sendiri, seperti yang dituturkan oleh sahabat Anas bin Malik tidak pernah absen melakukan shalat sunah 2 rakaat sebelum bepergian.

وعن أنس قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم لاينزل منزلا إلا ودعه بركعتين

Artinya: “Sahabat Anas menceritakan bahwa Nabi Muhammad tidaklah meninggalkan rumah sebelum shalat dua rakaat. (HR Al-Hakim).

Adapun tatacara melakukan shalat 2 rakaat ini adalah pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah membaca Surat Al-Kafirun. Dan pada rakaat kedua membaca surat-Al-Ikhlas. Hal ini sebagaimana yang diterangkan Imam Nawawi dalam kitabnya, Majmu’ Syarhu Muhazab

يستحب إذا أراد الخروج من منزله أن يصلي ركعتين يقرأ في الأولى بعد الفاتحة (قل يا أيها الكافرون) وفي الثانية (قل هو الله أحد) ففي الحديث عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما خلف عبد أهله أفضل من ركعتين يركعهما عندهم حين يريد سفرا. وعن أنس قال: كان النبي صلى الله عليه وسلم لاينزل منزلا إلا ودعه بركعتين، رواه الحاكم وقال هو صحيح على شرط البخاري ويستحب أن يقرأ بعد سلامه (آية الكرسي ولإيلاف قريش)

Artinya: ”Disunahkan shalat dua rakaat menjelang keluar rumah. Pada rakaat pertama, disunahkan membaca surat Al-Kafirun dan membaca surat Al-Ikhlas untuk rakaat kedua. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW mengatakan: Tidak ada amalan yang lebih utama ketika keluar rumah kecuali shalat dua rakaat. Sahabat Anas menceritakan bahwa Nabi SAW tidaklah meninggalkan rumah sebelum shalat dua rakaat. (HR Al-Hakim). Setelah shalat, dianjurkan membaca ayat Kursi dan surat Quraisy”

Semoga kita semua bisa mengamalkan dan membiasakan sunah Rasul ini ketika hendak bepergian, Amin.

(Ahmad Khalwani)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button